Posted by : Unknown Jumat, 08 November 2013

Kebaya bisa dikatakan merupakan salah satu pakaian yang wajib dimiliki oleh setiap wanita Indonesia. Kebaya biasa digunakan pada acara-acara formal ataupun acara non formal yang bertemakan tradisional Indonesia. Banyak juga yang menggunakan kebaya pada saat acara pernikahan. Wanita akan terlihat lebih anggun, cantik dan menawan jika memakai kebaya yang terbuat dari bahan brokat dan dipenuhi manik dan payet cantik. Memakai kebaya akan menunjukkan aura kecantikan khas Indonesia. Pakaian seistimewa itu harusnya diimbangi dengan perawatan yang tepat agar pakaian tetap awet dan tahan lama.
Kebaya biasanya terbuat dari bahan kain yang berbeda-beda, misal terbuat dari kain sutra, kain brokat, kain tulle, kain lace, kain organdi, dan lain sebagainya. Berikut ini tips merawat koleksi kebaya anda.
Kebaya
kebaya
Sumber: http://www.ceritamu.com
Jangan terlalu sering mencuci kebaya anda jika tidak terlalu kotor. Anda cukup menjemur kebaya Anda tanpa perlu mencucinya terlebih dahulu. Kalau Anda ingin mencuci kebaya Anda, perhatikan bahan dasarnya. Kebaya berbahan tile merupakan bahan kebaya yang rentan, karena itu cara perawatannya pun harus ekstra hati-hati. Jangan pernah mencuci kebaya ini dengan mesin cuci. Bersihkan dengan cara didry clean. Jika ingin mencucinya sendiri di rumah, gunakanlah deterjen yang tidak mengandung pemutih. Mencuci kebaya memang bukan hal yang mudah, apalagi jika kebaya dipenuhi dengan payet-payet cantik, tentunya harus lebih berhati-hati saat mencucinya. Untuk menghindari kerusakan, jangan sekali-kali mencucinya di mesin cuci atau menguceknya. Intinya untuk semua jenis kebaya, jangan mencucinya dengan kuat karena akan merusak teksturnya. Anda juga tidak perlu memeras kebaya pada tiap bilasannya. Cara yang benar saat mencuci kebaya yaitu rendam dalam air bersih yang telah dicampur satu sendok makan bubuk detergen. Pastikan tidak merendam terlalu lama, Anda hanya boleh merendamnya 10 menit saja. Hindari mengeringkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung, sebaliknya jemurlah di tempat yang sejuk.
Ketika menjemur kebaya, sebaiknya hindari kebaya terkena sinar matahari langsung. Anda bisa memilih tempat yang teduh untuk menjemur kebaya anda.
Sebaiknya lipat kebaya anda ketika akan menyimpannya. Usahakan tidak menggantung kebaya. Ada beberapa kebaya yang elastis akan melebar. Tetapi bila bahan kebaya Anda dari sutra dan cukup ringan untuk digantung, boleh saja menggantungnyadengan gantungan baju yang pas untuk menyangga bagian bahu. Jika kebaya Anda terbuat dari banyak payet dan manik, maka jangan menggantungnya karena bisa merusak bentuk dan memberantakan payetnya. Anda bisa melipatnya saja dan diletakkan dalam lemari agar payet-payetnya tidak rusak, simpan dalam kotak.
Jauhkan lemari pakaian anda dari kamper atau kapur barus, karena itu akan merusak bahan kebaya. Karena kebaya adalah pakaian yang jarang digunakan, setiap sebulan sekali keluarkan dari lemari pakaian dan angin-anginkan sebentar agar baunya tidak apek.
Jika di kebaya terdapat noda, maka bisa membersihkannya dengan air jeruk nipis tepat di atas noda. Biarkan airnya meresap ke bahan kebaya, lalu rendam dengan air. Dengan begitu kebaya akan kembali bersih dan bisa digunakan kembali. Semoga bermanfaat.
Tags: busana wanita, busana wanita dan pria, busana batik, busana batik modern, busana wanita terbaru, baju batik, baju batik kerja, baju batik kantor, baju batik wanita, baju batik pria, kemeja batik, dress batik, dress batik modern

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © kebaya - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -